Tiga Produk Honda Akan Turun di Ajang Balap Internasional Tahun 2014

Tokyo, Jepang, 11 Februari 2014 – Tiga produk mobil Honda akan turun di berbagai ajang balap internasional di tahun 2014. Adapun, ketiga produk mobil Honda tersebut adalah Honda Civic, Honda NSX, dan Honda CR-Z. Honda Civic akan berpartisipasi di ajang balap FIA World Touring Car Championship (WTCC). Sementara itu, Honda NSX dan Honda CR-Z akan berpartisipasi di ajang balap Super GT Series.

Honda akan kembali mengandalkan mobil Honda Civic WTCC berkapasitas mesin 1,6 liter Honda i-VTEC 4 silinder direct injection yang dilengkapi dengan turbo-charged di ajang balap FIA World Touring Car Championship (WTCC). Pada musim balap tahun 2013, Honda berhasil menjadi juara untuk kategori konstruktor. Honda bertekad untuk meraih gelar juara dunia ganda (pembalap dan konstruktor) di musim balap 2014 ini.

Tiga Produk Mobil Honda yang Akan Turun di Ajang Balap Internasional

Di ajang balap Super GT Series, Honda akan menggunakan Honda NSX dan Honda CR-Z di musim balap tahun 2014. Honda NSX GT Concept akan mengisi kelas GT 500. Honda NSX GT Concept bertenaga mesin 2.0 liter empat silinder segaris berinjeksi, dilengkapi dengan mesin turbo dan teknologi racing hybrid system. Sementara di kelas GT 300 Honda akan tetap mengandalkan mobil Honda CR-Z GT bertenaga mesin 1.5 liter empat silinder segaris berinjeksi dilengkapi dengan IMA .

Pada musim balap 2013, Honda berhasil menjadi juara di kelas GT 300 untuk ketegori pembalap dan juga tim. Honda bertekad untuk meraih gelar juara di kelas GT 500 dan GT 300 di tahun 2014 ini.

Untuk ajang balap Japanese Super Formula Series, Honda akan mensuplai mesin HR-414E bertenaga 2.0 liter empat silinder segaris yang dilengkapi dengan turbo untuk lima tim balap. Sementara itu, di ajang balap IndyCar Series, Honda akan mensuplai mesin balap HI14TT bertenaga 2.2 liter V6 yang dilengkapi dengan turbo untuk tujuh tim balap.

Saat ini, Honda sedang mempersiapkan diri untuk kembali ke ajang balap FIA Formula One World Championship (F1) di tahun 2015 mendatang. Seperti telah diberitakan sebelumnya bahwa Honda akan mensuplai mesin bertenaga 1.6 liter empat silinder yang dilengkapi dengan teknologi ERS dan turbo charged untuk tim McLaren mulai tahun 2015.

Untuk ajang balap roda dua, Honda akan kembali berpartisipasi dalam ajang balap seperti; Moto GP, FIM Motocross World Championship Series (MXGP), dan FIM Trial World Championship Series (WCT).
Keikutsertaan Honda dalam dunia balap dilatarbelakangi visi dan misi Honda sejak perusahaan ini didirikan, dimana Honda melihat dunia balap merupakan faktor pendorong untuk mengatasi tantangan yang ada dalam dunia balap serta mencapai kejayaan dalam dunia balap. Selain itu, keikutsertaan Honda dalam dunia balap yang sarat dengan teknologi tinggi diaplikasikan ke dalam kendaraan produksi massalnya sehingga dapat memberikan “Joy and Fun. For All”.

sumber: world.honda.com